JASA EXPORT / EKSPOR DAN UNDERNAME YANG TERPERCAYA

Apa itu EXPORT / EKSPOR ? adalah sebuah kegiatan Penjualan Barang Keluar negeri, dan prosess pengiriman barang keluar negeri melalui kawasan PABEAN baik Lewat Laut Maupun Udara.

Indonesia merupakan Negara yang subur dan banyak hasil tambang lainya juga termasuk Negara Maritim yang kaya akan Hasil Lautnya. Sehingga banyak Negara – Negara lain berlomba – lomba untuk bisa mengikat kerjasama dengan Indonesia di dalam bidang PERDAGANGAN.

Salah satu bukti nyata kerjasama Indonesia dengan CHINA, INDIA, Negara-negara ASIA, Korea, Jepang, Australia, dimana Masing masing Negara memberikan sebuah perjanjian kerjasama dalam bidang PERDAGANGAN, untuk mengurangi PAJAK IMPORT masing – masing meberikan keringanan BERUPA Document Export yang di sebut COO ( Certificat Of Origin ) dan dapat di gunakan untuk mengurangi pajak Import masing-masing Negara. Kita harus bangga karena tidak semua Negara yang mendapatkan pasilitas tersebut.

Dalam PENAWARAN barang Export maupun Import ada 4 kategori yang umum, sering di pakai dalam transaksi. Berikut 4 jenis kategori dalam penawaran barang yaitu : Exwork, FOB, CNF, CIF dan saya akan jelaskan masing masin berikut:

Exwork Yaitu sebuah transaksi jual beli barang, dimana penjual hanya menjual barang saja, dan untuk prosess Pengepakan, Trasport, Documentasi / Legalitas, pengapalan sampai dari pelabuhan tujuan, itu semua merupakan beban oleh pihak Pembeli.

FOB ( Free On Board ) yaitu sebuah prosess transaksi jual beli barang, dimana pihak penjual yang menanggung semua biaya dari gudang exporter sampai barang posisi sudah ada di atas Kapal / Pesawat, sedangkan biaya Freight di tanggung oleh pihak Importir / Pembeli.

CNF (Cost and Freight ) biasa disebut juga CFR yaitu Harga barang sudah termasuk Biaya pengiriman sampai pelabuhan Tujuan. Jadi semua biaya sudah di tanggung oleh Exportir.

CIF (Cost, Insurance, Freight ) yaitu Harga barang sudah termasuk biaya Asuransi dan juga biaya pengiriman sampai pelabuhan Tujuan.

Untuk kegiatan EXPORT yaitu dibutuhkan Document LEGALITAS EXPORT, ada juga yang belum memiliki, mereka biasa mencari Perusahaan PENYEDIA UNDERNAME EXPORT guna untuk melengkapi Syarat EXPORT agar barang bisa keluar dari kawasan Pabean.

Document utama sebagai dasar Export yaitu INVOICE, PACKING LIST sebaga acuan untuk prosess langkah – langkah Export seperti berikut:

1. Prosess Boking Slot kapal ke Perusahaan SHIPPING Line ( perusahaan jasa angkutan Laut ) agar barang kita bisa terkirim menggunakan Kapal sesuai Schedul yang di tentukan, dan juga untuk booking sewa Cintainer.
2. Untuk Prosess Pembuata PEB dan HS Code harus sesuai dengan barang yang akan di export ( terutama harus melengkapi legalitas Lainnya ) baru akan terbit NPE.
3. Untuk Prosess Pengurusan document Karantina jika dibutuhkan seperti document Phytosanitari.
4. Untuk pengurusan COO ( Certificat Of Origin ) sebagai pelengkap document untuk prosess pengeluaran di luar negeri.

Di dalam bidang jasa EXPORT, banyak sekali yang memberikan penawaran JASA EXPORT, meliputi Jasa CUSSTOMS CLEARANCE EXPORT yaitu kegiaatan pengurusan dokumentasi di Beacukai untuk prosess pengiriman barang ke luar negeri / keluar dari kawasan PABEAN. Jasa EMKL dalam pemuatan ke kapal, Jasa PPJK yang perupakan Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabeanan dan sampai perusahaan yang menawaarkan Traking sampai Freight.

Masing masing perusahaan memiliki keahlian dan memiliki batasan tanggung jawab masing masing. Akan tetapi Kami EXIM GROUP ( Perusahaan Penyedia Jasa Export & Import ) dapat menyelesaikan masalah Export Anda, dan tidak perlu lagi pusing – pusing mencari perusahaan yang menyediakan jasa yang memang memiliki keahlian masing – masin berbeda, Cukup kontak ke EXIM GROUP maka kami akan mengurus semua permasalahan anda dari A sampai Z.

Dalam kegiatan Export yang paling UTAMA DIPERHATIKAN yaitu TANYA KE BUYER DOCUMENT APA SAJA YANG MEREKA BUTUHKAN untuk prosess customs di Pelabuhan NEGARA TUJUAN agar barang aman sampai tujuan.

Langkah ke Dua yaitu Kelengkapan Legalitas EXPORT apa sudah lengkap untuk dapat memenuhi dalam pengurusan Kelengkapan DOCUMENT EXPORT yang akan di kirim ke LUAR NEGERI dan bila kurang paham kami pun sebagai perusahaan Penyedia JASA EXPORT & IMPORT sangan siap membantu melayani konsultasi seputar EXPORT barang anda di Watsup ke 081234548200 atau kontak kami di SINI.

Kami akan menjelaskan beberapa kutipan seputar prosess Export dan document Export standar beberapa Negara seperti :

EXPORT / EKSPOR HASIL PERTANIAN
Dalam EXPORT HASIL PERTANIAN ada 2 kategori, yang pertama Barang yang bisa di EXPORT tanpa LARTAS karena barang mudah di budidaya, barang berlimpah di Negara kita, bukan barang kebutuhan pokok masyarakat Indonesia, Untuk yang ke dua yaitu Barang EXPORT dengan LARTAS yaitu barang yang dilindungi karena susah di budidaya, barang kebutuhan pokok rakyat Indonesia, dan barang langka lainnya. Untuk melihat ketentuan barang tersebut termasuk barang yang kena Lartas Export maupun Tidak, dapat di cek di https://eservice.insw.go.id/ atau jika anda bingung bisa konsultasi ke Watsup 081234548200 atau kontak di SINI, kami akan jelaskan sejelas mungkin.

DOCUMENT APA SAJA YANG DIBUTUHKAN UNTUK PENGELUARAN BARANG DI PELABUHAN TUJUAN? Berikut beberapa document umum yang di butuhkan seperti : INVOICE, PACKING LIST, COO, PHYTOSANITARI, CERTIVICAT FUMIGASI, BL/AWB. Akan tetapi alangkah baiknya terlebih dahulu bertanya ke pada Buyer, document apa saja yang di butuhkan, karena dapat menghemat biaya yang dikeluarkan, sehingga Exportir bisa menentukan Biaya tambahan yang timbul, dan sehingga dapat meberikan penawaran barang ke Buyer di luar negeri.

Saat ini pemerintah INDONESIA sangat mendukung para exporti, karena pemerintah akan mendapatkan pemasukan DEVISA Negara, sehingga ada sebuah forum yang mau membantu penyuluhan/pembiayaan yang di sebut FORSA EKSPOR ( Forum Satu Atap Ekspor ) http://forsa.indonesiaeximbank.go.id/forsa-be/public/ .

EXPORT / EKSPOR HASIL LAUT
Untuk Export hasil laut saat ini memang tidak bisa dilakukan oleh semua perusahaan, karena untuk Export hasil laut dalam pengurusan Legalitas harus sebuah perusahaan yang memang benar-benar sebagai pengelola hasil laut seperti perusahaan yang memiliki Kolstorage ( Tempat pendingin )guna sebagai syarat pengurusan CERTIVICAT MUTU untuk mendapatka HACCP, karena untuk prosess Customs di pelabuhan tujuan harus ada No. registrasi HACCP.

EXPORT / EKSPORT BARANG YANG KEMBALI
Disini saya akan berbagi pengalaman masalah EXPORT / EKSPOR barang yang kembali karena beberapa masalah yang terjadi seperti : Barang di tolak di Negara tujuan KARENA BARANG RUSAK, KARENA BARANG TIDAK SESUAI PERMINTAAN, KARENA IMPORT PERMIT TIDAK MENDUKUNG, atau dengan alasan lainnya. Saya memberikan penjelasan atau sering pengalaman agar Para EXPORTIR TIDAK SAMPAI MERUGI, karena banyak EXPORTIR yang BARANGNYA DI TOLAK dan kembali Masuk ke INDONESIA pun sangat sulit dan juga harus mengeluarkan BIAYA YANG TIDAK SEDIKIT demi barang bisa di dapat kembali. Dalam ISTILAH ( SUDAH JATUH TERTIMPA TANGGA ) atau ada yang bilang “mau ambil barang sendiri saja kok susah” di sini kami Penyedia JASA EXPORT & IMPORT sudah berpengalaman pengurusan pengeluaran barang dari kawasan pabean, bisa watsup ke 081234548200 utamakan barang belum prosess masuk ke Indonesia.
Karena jika kita tidak memahami aturan dan prosedur import barang kembali, yang di takutkan SALAH KASIH INFO ATURAN yang di dapat, sehingga barang harus memenuhi LARTAS sehingga barang tidak bisa prosess pengeluaran, PADAHAL BARANG EXPORT YANG DIKIRIM BALIK, TIDAK PERLU KELENGAPAN DOCUMENT IMPORT LAINNYA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *